logo blog

5 Formula Paling Berpengaruh dalam Microsoft Excel

5 Formula Paling Berpengaruh dalam Microsoft Excel

Nano Informatika - Microsoft Excel adalah sebuah softwere yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan besar dunia yaitu Microsoft. Microsoft Excel terdapat pada paket Microsoft Office, didalam Microsoft Office tersebut terdapat softwere - softwere yang dapat membantu pekerjaan kantor  salah satunya yaitu Microsoft Excel. Microsoft sendiri terdiri dari berbagai versi dari 1999 - 2013 yang dari tahun ke tahun mengalami perbaikan dalam softwerenya.

Microsoft Excel sendiri banyak digunakan oleh beberapa perusahaan untuk pengelolaan angka karena di Excel para pegawai dapat dengan mudah mengitung angka dalam skala besar. Tidak hanya perusahaan tapi sekolah - sekolah juga mempergunakan Excel dalam media pembelajaran. Ada beberapa rumus atau formula untuk mempermudah kinerja dan ada 5 formula yang sering digunakan dalam sebuah pekerjaan yang menggunakan Excel. Berikut saya akan membahas formulanya.
  •  SUM
SUM adalah formula yang sering digunakan yang pertama, SUM sendiri memiliki fungsi untuk mencari jumlah isi data dari sebuah range tertentu. Khasus yang sering muncul yaitu menghitung jumlah, kurang, kali dan bagi dalam persoalan. Misalnya kita mempunyai data yang terletak di Cell A1, A2 dan A3. Ada sebuah khasus penjumlahan dan pengurangan yang akan dimunculkan di Range B1 maka Formulanya =SUM(A1+A2-A3)
  • MAX 
MAX adalah formula yang memiliki fungsi untuk mencari nilai tertinggi dalam sebuah data. Khasus yang sering muncul yaitu untuk mencari nilai tertinggi dalam sebuah kelas maka formula MAX ini sangat berguna untuk digunakan. Misalnya dalam sebuah kelas terdapat 5 anak yang memiliki nilai 78, 77, 60, 80 dan 90. Jika dilihat kasat mata nilai yang tertinggi ada di 90 tapi jika data ada 100 lebih maka akan kesulitan untuk mencarinya untuk menggunakan rumus ini yaitu 5 data data misal ada di Cell A1 sampai A5 dan kita ingin memunculkan A6 maka penulisan formulanya =MAX(A1:A5)
  • MIN 
MIN adalah formula yang memiliki fungsi untuk mencari nilai terkecil hampir sama seperti MAX tapi yang membedakan antara nilai besar dan kecil. Untuk penulisan formulanya =MIN(A1:A5)
  • COUNT
COUNT adalah fungsi untuk menghitung banyaknya angka dalam sebuah data. Misalnya dalam sebuah perusahaan terdapat ribuan data dan tidak mungkin dihitung secara menual maka perintah Count ini sangat diperlukan untuk menulisan rumusnya =COUNT(A1:A5)
  • AVERAGE
AVERAGE adalah formula yang memiliki fungsi untuk menghitung rata - rata sebuah data biasanya khasus yang sering muncul dalam sebuah perhitungan nilai rata - rata rapot siswa. Untuk penulisan formulanya sebagai berikut =AVERAGE(A1:A5)

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel sederhana ini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya ^_^

Share this:

Enter your email address to get update from Nano Informatika.
Previous
This Is The Oldest Page

No comments

Berkomentarlah dengan bijak dan utamakan sesuai dengan topik artikel

Powered by Blogger.
Copyright © 2015. Nano Informatika - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger